• iconadmin@smpn3surakarta.sch.id

icon Jl. Matoa Raya I Karangasem, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah 57145

icon

Informasi

02717469514

Sekolah Adiwiyata: Karya Inovatif Pendidik dan Peserta Didik Terkait Penerapan PRLH di SMP Negeri 3

Sekolah Adiwiyata: Karya Inovatif Pendidik dan Peserta Didik Terkait Penerapan PRLH di SMP Negeri 3

Sekolah Adiwiyata: Karya Inovatif Pendidik dan Peserta Didik Terkait Penerapan PRLH di SMP Negeri 3

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam rangka  mewujudkan sekolah adiwiyata pendidik dan peserta didik harus melakukan upaya pelestarian lingkungan yang kreatif dan inovatif. Sesuai dengan visi dan misi SMP Negeri 3 Surakarta dalam mendidik berbasis pelestarian lingkungan, sekolah telah melakukan inovasi dan kreativitas baru dalam rangka mensukseskan terwujudnya sekolah adiwiyata di antaranya yaitu dengan melaksanakan program SAGUSAPOT dan TUNAKTUNAM.

Kegiatan SAGUSAPOT yang dilaksanakan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 3 Surakarta

Program SAGUSAPOT merupakan kependekan dari Satu Guru membawa Satu Pot. Sekolah mengadakan kegiatan ini dengan melibatkan pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (karyawan) SMP Negeri 3 Surakarta untuk membawa satu tanaman dan ditanam di lingkungan sekolah. Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 3 Surakarta memberikan teladan tentang kepedulian terhadap lingkungan sehingga peserta didik dan orang tua (masyarakat) dapat terinspirasi dan termotivasi untuk menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di area sekolah. Melalui program SAGUSAPOT ini, mendorong terciptanya pembelajaran yang berwawasan lingkungan, terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upanya pelestarian lingkungan hidup.

Peran serta orang tua siswa dalam mendukung sekolah Adiwiyata

Program TUNAKTUNAM (Satu Anak Satu Tanaman) dimana setiap peserta didik membawa satu tanaman untuk ditanam di sekolah juga telah direalisasikan untuk mendukung visi dan misi SMP Negeri 3 Surakarta yang berwawasan lingkungan. Dalam upaya meningkatkan kepedulian peserta didik dan orang tua (masyarakat) menjaga lingkungan, sekolah memberi kesempatan bagi peserta didik dan orang tua (masyarakat) untuk membawa tanaman yang mereka inginkan untuk ditanam di lingkungan sekolah. Melalui program TUNAKTUNAM ini, diharapkan mendorong terciptanya pembelajaran yang berwawasan lingkungan, terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.