• iconadmin@smpn3surakarta.sch.id

icon Jl. Matoa Raya I Karangasem, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah 57145

icon

Informasi

02717469514

Sekolah Adiwiyata : Kebersihan, Sanitasi, dan Drainase

Sekolah Adiwiyata : Kebersihan, Sanitasi, dan Drainase

Sekolah Adiwiyata : Kebersihan, Sanitasi, dan Drainase

Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting untuk menciptakan kesehatan lingkungan. Kebersihan juga berperan penting untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan tentram. Tentu saja bila lingkungan yang kotor akan menjadikan orang menjadi enggan berlama-lama untuk berada di lingkungan tersebut. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya dilaksanakan oleh petugas kebersihan di sekolah, tetapi juga dibutuhkan peran serta seluruh warga SMP Negeri 3 Surakarta untuk menjaganya. Dalam setiap aspek dan perilaku siswa tentunya tampak dari kebiasaannya setiap hari. Demikianlah dengan lingkungan kelas bahkan lingkungan sekolah sekalipun. Bila lingkungan sekolah maupun lingkungan kelas termasuk ruangan kelas, ruang guru maupun perpustakaan bersih dan ditata sebaik – baiknya, maka motivasi belajar akan meningkat.

Membersihkan Saluran Air di Depan Sekolah

 

Selain kebersihan lingkungan, sanitasi merupakan suatu cara dan upaya yang dilakukan untuk menghindari timbulnya suatu penyakit. Sanitasi ini merupakan perilaku manusia yang disengaja untuk membudayakan kebiasaan hidup bersih dan sehat untuk mencegah manusia terkontaminasi langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya dengan harapan bisa menjaga dan memperbaiki tingkat kesehatan warga sekolah di SMP Negeri 3 Surakarta.

Membersihkan Saluran Air di Sekeliling Sekolah

Drainase lingkungan sekolah merupakan suatu sistem saluran pembuangan yang berfungsi untuk mengalirkan limpahan air hujan, buangan air kotor agar lingkungan sekolah bersih dan nyaman. Dalam rangka mewujudkan kebersihan lingkungan, sanitasi dan drainase sekolah, SMP Negeri 3 Surakarta melakukan berbagai kegiatan, diantaranya : “Jumat bersih, Jumat sehat”, Lomba kebersihan kelas, Membersihkan ruang kelas, ruang guru, dan perpustakaan, Membersihkan toilet dan saluran pembuangan air secara rutin.

Program kerja bakti Jumat bersih, Jumat Sehat di SMP Negeri 3 Surakarta ini merupakan program kerja rutin dilaksanakan. Dalam program kerja bakti jumat bersih ini biasanya membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, mushola, ruang kelas, taman, ruang guru, ruang praktik, dan sekitar sekolah. Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah.

Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih jumat sehat adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan,  sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, sekolah pun juga dapat terpelihara dengan baik. Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktifitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Lomba kebersihan kelas dapat memicu semangat para siswa dalam memelihara dan menjaga kebersihan di lingkungan sekolah, terutama kebersihan kelasnya masing-masing. Efek positif dari kegiatan ini sangat terasa. Lingkungan sekolah menjadi semakin bersih dari sampah. Kelas tempat para siswa belajar pun semakin bersih. Area seputar kelas menjadi bebas sampah. Para siswa menjadi terbiasa untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Tak segan para siswa mengambil sampah yang terlihat berserakan atau tidak pada tempatnya. Pola hidup sehat mereka pun semakin membaik. Dan efek terbaik yang sangat dirasakan oleh seluruh warga sekolah di lingkungan SMP Negeri 3 Surakarta adalah meningkatnya taraf kesehatan seluruh warga sekolah.